13 Maret 2009

Gen Pendorong Resiko Lupus Bertambah Enam

Posted in Kesehatan pada 04:48 oleh julyan rachmawan

-

-

KapanLagi.com – Telah lama tersiar dugaan bahwa faktor genetika dan lingkungan memainkan peran dalam penyakit lupus, yang membuat sistem kekebalan secara keliru menyerang orang lain di dalam tubuh manusia.

Beberapa peneliti di AS dan Skandinavia sekarang telah menjelaskan sebagian penyebab penyakit tersebut melalui empat studi yang disiarkan dalam jurnal Nature Genetics dan New England Journal of Medicine sebagaimana dikutip laporan media Senin.

Bulan lalu, satu varian gen yang disebut TNFSF4, yang juga berada pada Chromosome1, digambarkan oleh banyak peneliti sebagai pendorong resiko lupus.

Dalam studi saat ini, mereka telah mengidentifikasi enam lagi varian gen yang mendorong resiko berkembangnya lupus dari 25 jadi 200%.

Secara terpisah atau bersama-sama, keenam gen tersebut memainkan peran dalam jalur molekul systematic lupus erythematosus (SLE). Keenam gen itu adalah ITGAM yang berada di Chromosome 16, BLK di Chromosome 8, KIAA1542 di Chromosome 11, rs10798268 di Chromosome 1, PXK di Chromosome 3 dan BANK di Chromosome 4.

Dalam studi tersebut, sebanyak 10.000 orang diperiksa dan 13 gen berbeda terlibat. Para peneliti memeriksa DNA lebih dari 6.700 perempuan, termasuk orang yang menderita lupus, keluarga mereka, dan orang yang tak memiliki hubungan tanpa bukti penyakit itu.

Perempuan menghadapi resiko lebih besar untuk terserang penyakit tersebut, dan seringkali didiagnosis selama tahun-tahun mereka memiliki anak, demikian hasil studi tersebut.

Orang yang diidentifikasi beresiko dapat disarankan agar membuat pilihan gaya hidup yang menghindari tersulutnya penyimpangan, dan insinyur farmasi ditawarkan sasaran genetika untuk menggunakan obat yang menghalangi atau meredakan proses penyakit itu, kata para peneliti tersebut.

Para ilmuwan menyarankan langkah berikutnya ialah memikirkan apa sebenarnya yang dilakukan gen itu dan apakah sesuatu di lingkungan hidup, seperti virus atau polutan, menghidup-matikannya. (kpl/cax)

2 Komentar »

  1. yantysa said,

    wah apaan tuhh???

  2. Ian said,

    apanya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: